Cek Lampu Belakang Honda Beat 2013

Cek Lampu Belakang Honda Beat 2013

“Sering kita temui di jalan pengendara dengan lampu belakang tidak menyala . hal ini akan sangat merepotkan orang lain saat malam hari, lampu belakang mati di sepeda motor menyebabkan pengendara di belakang tidak tahu pengendara di depannya sedang melakukan pengereman”

Penyebab lampu belakang mati biasanya bisa bervariasi misalnya :

1. Umur bohlam yang sudah terlalu lama dan akhirnya putus
2. Soket lampu belakang rusak atau terbakar
3. Kabel yang putus karena di makan tikus atau  gesekan dengan body motor
4. Switch lampu rem rusak bisa switch lampu rem kiri atau kanan

Untuk memeriksanya bisa kita mulai dari yang paling mudah dahulu sebelum kita memakai alat atau perlengkapan yang terlalu banyak ini saya contohkan pada motor honda beat injeksi 2013


Pertolongan pertama adalah dengan melihat kondisi bohlam belakang dan soketnya dengan cara membuka jok motor.

Kita cari di bagian paling belakang ada soket lampu plastik berwarna coklat mudah kita bisa melepasnya dengan tangan, kita puntir ke kiri sedikit sampai terasa lepas lalu kita tarik keluar soket dan bohlamnya.

Untuk memisahkan bohlam dari soketnya kita bisa menekan sambil memutar bohlam kearah kiri.
Periksa kondisi bohlam apakah putus atau tidak wolframnya, wolfram adalah bagian dari lampu yang mirip kawat tipis sebagai penghantar nyala listrik.

Jika bohlam putus kita bisa ganti lampu belakang honda beat injeksi 2013 tersebut
jika utuh kita periksa kondisi soketnya dengan melihat langsung kondisi fisiknya.

Jika masih bagus, kita masuk ke pengecekan switch rem depan.

Dengan memakai obeng + kita lepas switch rem  berwarna hitam lalu kita uji dengan melepas soket yang menancap pada switch lalu kita sambungkan dengan memakai kawat atau bahan penghantar listrik lainnya misalnya kabel atau semacamnya, jika normal seharusnya lampu bisa menyala, dan kesimpulannya yang rusak adalah switch rem nya.

Sebenarnya masih banyak variabel lain penyebab matinya lampu belakang tetapi saya belum bisa menuliskan semuanya satu persatu, mungkin lain kali saya mempunyi ide untuk menulis lagi akan saya bahas.

Jika langkah pengecekan ringan tersebut tidak mendapatkan solusi kita tinggal datang saja ke bengkel motor 

Pemasangan bohlam lampu yang tidak sesuai standar juga bisa menjadi penyebab masalah. Jika memasang bohlam melebihi watt yang direkomendasikan. Lampu bisa putus atau bagian dalam soket meleleh karena terlalu panas.

Masalah lampu belakang ini juga bermula dari posisi pemasangan bohlam yang kurang sempurna atau akibat getaran bohlam jadi kendur. Bohlam yang menempel di plastik pada housing atau rumah lampu akan melelehkan bagian plastik tersebut.

Disarankan untuk mengganti bohlam sesuai dengan standar pabrik atau sparepart motor asli.

Baca juga : Mengganti Busi Satria FU150

Follow ig nya broow : garasipawiro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *