Perawatan ringan sepeda motor injeksi

Perawatan Ringan Sepeda Motor Injeksi

Halooo selamat datang kembali brooo !!!

Sebagai pemilik kendaraan penting juga bagi kita untuk mengetahui beberapa hal tentang kendaraan kita bro!

Setidaknya kita bisa konsultasi dengan mekanik terdekat untuk bisa sharing pengalaman kan?, berikut beberapa hal ringan yang bisa kita lakukan sebagai pemakai kendaraan dengan sistem injeksi

Memakai Bahan Bakar Dengan Nilai Oktan Yang Sesuai 

Memakai bahan bakar beroktan 90 atau yang lebih tinggi merupakan cara merawat motor injeksi paling mudah, karena akan membuat pembakaran dalam mesin motor anda lebih baik.

Jika terlalu lama memakai bahan bakar beroktan rendah dan mengandung timbal  akan meninggalkan kerak pada sistem injeksi serta  mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

Selain itu bahan bakar yang berkualitas buruk ditambah dengan oktan booster dengan spesfikasi yang tidak sesuai akan menyebabkan tersumbatnya lubang Injektor.

Cek Filter Udara

Setidaknya sebulan sekali kita perlu untuk memeriksa kondisi filter udara, karena bagian ini juga berperan penting dalam sistem kendaraan bermotor apalagi dalam sistem injeksi,

Untuk memeriksa kita hanya perlu melihat wujud kasat mata saja atau dengan penggantian secara berkala setidaknya setelah kendaraan melewati masa pakai selama 8000-10000km atau 6 bulan sekali

Perhatikan Kondisi AKI

Kondisi aki juga harus diperhatikan, karena motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi Aki sebagai sumber arus mesin pada sistem pembakarannya.

Untuk itu bagi anda yang memiliki motor dengan teknologi Injeksi harus sering-sering periksa kondisi Aki motornya agar Aki selalu tetap terjaga, minimal dengan cara memeriksa kebersihan konektor positif dan negatif aki.

Namun jika Aki sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal, kami sarankan lebih baik anda mengganti Aki motor anda. Sebelum Aki benar-benar mati. Biasanya umur pakai aki bisa minimal mencapai 2tahun.

Rutin Ganti Oli 

Oli pada semua kendaraan bermotor sangatlah utama tak terkecuali pada sistem kendaraan bermotor injeksi. Penggantian oli merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap 2-3 bulan sekali atau ketika motor telah menempuh jarak kurang lebih 2.000 km.

I change my motor engine oil regularly. As a result, my bike are feeling happy 🙂

Jangan sampai mesin motor anda kering karena kekurangan pelumas sehingga akan merusak mesin. 

Baca juga :Ganti Oli Sendiri Motor Supra Anda? uhh Sheee UPP!!!

Perawatan Busi

Cara merawat motor injeksi yang selanjutnya ialah dengan memperhatikan kondisi Busi motor anda. Sebab Busi ini merupakan pematik api yang sangat dibutuhkan dalam proses pembakan pada mesin.

Untuk itu periksalah busi secara berkala agar dapat memaksimalkan pembakaran pada mesin dalam ruang pembakaran.

I change my motorcycle sparkplug regularly. As a result, my bike are feeling happy 🙂

Sementara itu jika terjadi kerusakan pada busi maka proses pembakaran pada mesin tidak akan sempurna. Mengakibatkan mesin menjadi kurang bertenaga bahkan bisa membuat motor tidak akan menyala.

Jadi jika busi motor anda sudah tidak menghasilkan api yang maksimal untuk proses pembakaran pada mesin. Saya sarankan lebih baik anda mengganti busi motor anda dengan yang baru agar pembakaran pada ruang pembakaran menjadi lebih sempurna.

Periksa Bahan Bakar di Tangki

Kita juga harus memeriksa kondisi bahan bakar di dalam tangki motor. Jangan sampai bahan bakar pada tangki motor anda habis  ketika sedang dikendarai :)).

Hal itu dapat merusak injektor pada sistem motor injeksi anda. Jadi jangan biarkan tangki motor anda kosong tak berisi,

Karena apabila tangki pada motor anda kosong maka, kotoran yang terdapat pada tangki akan mudah terserap dan akan menghambat kinerja mesin motor.

Maka dari itu kami sarankan periksalah setiap saat kodisi bahan bakar apakah masih penuh ataukah sudah hampir habis,

Untuk memeriksa kondisi bensin pada motor anda, anda bisa melihat jarum bensin yang terdapat pada spedometer motor anda.

 Servis Rutin

Cara merawat motor injeksi anda yang selanjutnya ialah dengan cara penyervisan secara berkala, yakni setiap 3.000 km atau sesuai dengan buku petunjuk servis.

Namun kami sarankan lebih baik anda rutin melakukan servis motor setiap 3 bulan sekali untuk mengecek kondisi motor anda.

Atau jika motor anda sering digunakan lebih baik, servislah motor anda setiap 1 bulan sekali agar kondisi motor anda tetap prima dan bisa awet tahan lama setujukan bro?.

Follow ya bro : instagram.com/garasipawiro

 

 

One thought on “Perawatan ringan sepeda motor injeksi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *